Kamis, 09 Juni 2011

Tugas Interaksi Manusia Dan Komputer

 
TUGAS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PRINSIP UMUM ANTAR MUKA



Nama : YUNITA AZMI
BP     :    0910082046
Dosen Pembimbing
YULHERNIWATI

 
PRODI Teknik Komputer
Jurusan Teknologi Informasi
Politeknik Unand Padang
                                                                           2011

=============================================

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Tujuan dalam perancangan antarmuka pengguna adalah :
    1.  Mengurangi kerja visual
    2.  Mengurangi kerja intelektual
    3.  Mengurangi kerja memory
     4.  Mengurangi kerja motorik
    5.  Mengurangi atau meghilangkan beban yang ditimbulkan oleh teknologi.

faktor –faktor yang dipertimbangakan yaitu factor manusia dan teknologi.
Pada factor manusia kita harus memperhitungkan pengetahuan dan pengalaman,karakteristik fisiologi pengguna,kebutuhan pengguna, karakteristik fisik pengguna.
Pada factor teknologi yaitu perancangan layar, harus kompatibel dengan kemampuan system, harus kompatibel dengan kapabilitas dari platform,tools,memory.

============================================

BAB II
PEMBAHASAN
Pada pembahasan ini saya akan memcoba membandingkan 2 buah software mengenai Geneology, yaitu Scion PC dan GreatFamily dengan mempertimbangkan 14 prinsip yang digunakan.
                                        Scion PC
                             
                                      Greaat Family




    1.    Aksesibilitas
Pada Scion PC terdapat perintah atau pengisian form yang dapat membingungkan pengguna, ini tidak termasuk dalam prinsip aksesibilitas perancangan antar muka.
Pada GreatFamily secara mendasar telah memenuhi prinsip aksesibilitas, karna perintah yang digunakan dapat dilakukan oleh pengguna dengan mudah, sehingga pengguna tidak bingung.

    2.   Fisibilitas
Pada Scion PC ketika kita menjalankan aplikasi awal maka terdapat pemberitahuan tentang aplikasi tersebut,menjelaskan penggunaan aplikasi tersebut.
Pada GreatFamily hanya terdapat tampilan kita akan memulai aplikasi atau tidak sehingga tidak membantu pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut karna tidak ada info lebih lanjut,

    3.   Kesederhanaan
Dalam kesederhanaan nya Scion PC kurang meminimaze aplikasi nya, karna setiap sub menu masih terdapat perintah-perintah yang membingungkan dan sub menu lainnya.terlalu banyak fitur yang ahrus kita lakukan.
Aplikasi GreatFamily sesuai dengan prinsip kesederhanaan, bahwa ketika aksi meminta pengguna untuk mengisikan suatu data sesuai gambar maka sampai pengguna mengklik tombol OK  maka barulah aksi memproses inputan dari pengguna.

    4.   Efisiensi
Pada antar muka Scion PC telah menggunakan prinsip efisiensi, tetapi kurang memaksimalkan. Sehingga masih banyak form yang harus diisi ketika memilih sub menu yang ada pada aplikasi ini.
Pada antarmuka GreatFamily telah memenuhi prinsip efisiensi ini. Pengguna hanya akan mengisikan data pada form yang telah ditentukan, dengan itu kita dapat melihat silsilah keluarga tersebut.

    5.   Konsistensi
Pada antarmuka Scion PC telah menggunakan prinsip konsistensi, telah memenuhi prinsip konsistensi, karna telah memberikan kemudahan pengguna dalam menjalankan. Ada icon Undo yang membantu pengguna jika ada kesalahan sebelumnya.
Pada antar muka GreatFamily juga telah memenuhi karna icon delete telah pada tab aplikasi. 

    6.   Prediktabilitas
Pada antarmuka Scion PC dapat dikatakan tak memenuhi prinsip ini karena terlalu susah cara mengunakannya. Antara layer dan layer lain. Bisa dikatakan sama saja.
Pada antarmuka GreatFamily telah memenuhi prinsip ini, karna dengan tampilan sederhana semua perintah dapat dimengerti.

    7.   kontrol & fleksibilitas
Pada antarmuka Scion PC dapat dikatakan tak memenuhi syarat dari prinsip ini karena terlalu baku. Aksinya pun hanya berdasarkan yang telah ada dari antarmuka bukan dari pengguna.
Pada antarmuka GreatFamily dapat dikatakan telah memenuhi, karna icon Link dapat membantu pengguna mengetahui silsilah keluarga.

    8.   responsibilitas
pada antarmuka Scion PC telah memenuhi prinsip ini, karna dapat menanggapi permintaan pengguna dengan cepat, Ctrl+N digunkan untuk membuka file baru.
pada antarmuka Scion PC juga telah memenuhi prinsip ini, karna dapat menanggapi permintaan pengguna dengan cepat, Ctrl+O digunakan untuk membuka file yang telah disimpan.

    9.   penanganan kesalahan
pada antarmuka Scion PC telah memenuhi prinsip ini, karna aplikasi ini memberikan pesan yang penting bagi pengguna, jika aplikasi di close sebelum penyimpanan maka akan keluar pesan apakah file akan disimpan atau tidak.
Pada antarmuka GreatFamily juga PC telah memenuhi prinsip ini, karna aplikasi ini memberikan pesan yang penting bagi pengguna, jika aplikasi di close sebelum penyimpanan maka akan keluar pesan apakah file akan disimpan atau tidak.

    10.                kejelasan arti & tujuan
pada antarmuka Scion PC ini dapat dikatakan belum memenuhi karna banyak perintah-perintah yang kurang jelas arti dan fungsinya.
Pada antarmuka Greatfamily telah memenuhi prinsip ini.

    11. kejelasan tentang antar komponen
pada antarmuka Scion PC belum memenuhi prinsip ini, karna banyak form yang harus diisi tetapi membingungkan pengguna.
Pada antarmuka GreatFamily dapat dikatakan telah memenuhi, karna tombol Ok dan cancel dapat membantu pengguna.

    12.                enak dipandang
pada antarmuka Scion PC belum memenuhi prinsip ini,karna tampilan yang terlalu banyak dengan tulisan yang tidak dimengerti oleh si pengguna.
Pada antarmuka GreatFamily dapat dikatakan memenuhi, dengan tampilan yang simple, perintah yang tidak banyak dan mudah dimengerti. 

    13.                kesan pertama yang positif
pada antarmuka Scion PC tidak memenuhi prinsip ini, karna tampilan awal yang susah dimengerti.
Pada antarmuka GreatFamily telah memenuhi prinsip ini. Tampilan awal yang kosong, dengan mengklik salah satu icon orang maka kita langsung ke form yang simple dan dapat dimengerti dengan mudah.

    14.                trade off
pada antarmuka Scion PC belum maksimal dalam penggunaan prinsip kesederhanaan dan efisiensinya.
Pada antarmuka GreatFamily dapat dikatakan telah memenuhi prinsip ini, dengan kesederhanaan dan efisiensi yang diutamakan dalam aplikasi ini.

============================================ 
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Pada kedua aplikasi yang telah dibandingkan sesuai 14 prinsip antarmuka, maka dapat dikatakan tidak semua antar muka yang dapat memenuhi 14 prinsip tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar